Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Penelitian Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa

Game Online Terhadap Mahasiswa

Game online telah menjadi hiburan populer di kalangan mahasiswa. Saat ini, kebanyakan mahasiswa memiliki akses internet dan perangkat mobile sehingga dapat memainkan game kapan saja dan di mana saja. Namun, beberapa perhatian telah dikemukakan tentang dampak game online pada mahasiswa. Proposal penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh game online pada mahasiswa di Indonesia.

Pendahuluan

Pendahuluan Proposal

Game online adalah jenis permainan yang dimainkan melalui internet atau jaringan komputer. Jenis game online meliputi game mobile, game daring, dan game komputer. Game online sangat populer di kalangan mahasiswa karena mudah diakses dan dapat dimainkan kapan saja.

Namun, meskipun game online sangat populer, beberapa perhatian telah dikemukakan tentang dampaknya pada mahasiswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa game online dapat memiliki pengaruh negatif pada kesehatan fisik dan mental mahasiswa, kehidupan sosial, serta prestasi akademik.

Proposal penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh game online pada mahasiswa di Indonesia, dan memberikan rekomendasi mengenai manajemen waktu dan kontrol yang efektif dalam penggunaan game online.

Rumusan Masalah

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, rumusan masalah pada penelitian ini adalah:

1. Bagaimana pengaruh game online terhadap prestasi akademik mahasiswa di Indonesia?

2. Bagaimana pengaruh game online terhadap kesehatan fisik dan mental mahasiswa di Indonesia?

3. Bagaimana pengaruh game online terhadap kehidupan sosial mahasiswa di Indonesia?

4. Apakah manajemen waktu dan kontrol penggunaan game online dapat membantu mengurangi dampak negatif game online pada mahasiswa di Indonesia?

Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:

1. Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi akademik mahasiswa di Indonesia.

2. Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap kesehatan fisik dan mental mahasiswa di Indonesia.

3. Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap kehidupan sosial mahasiswa di Indonesia.

4. Untuk memberikan rekomendasi mengenai manajemen waktu dan kontrol yang efektif dalam penggunaan game online untuk mengurangi dampak negatif game online pada mahasiswa di Indonesia.

Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa aktif di perguruan tinggi di Indonesia. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling, yakni pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, seperti usia, jenis kelamin, jurusan, dan tingkat semester.

Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner terdiri dari dua bagian, yakni bagian pertama mengenai profil responden dan bagian kedua mengenai penggunaan game online, prestasi akademik, kesehatan fisik dan mental, serta kehidupan sosial mahasiswa.

Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan program SPSS. Analisis data yang dilakukan adalah deskriptif statistik, uji regresi, dan uji t.

Hasil dan Pembahasan

Hasil Dan Pembahasan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game online memiliki pengaruh negatif pada prestasi akademik mahasiswa, kesehatan fisik dan mental, serta kehidupan sosial.

Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin sering mahasiswa menggunakan game online, semakin rendah prestasi akademik mereka. Penggunaan game online juga berhubungan dengan penurunan kesehatan fisik dan mental mahasiswa, seperti gangguan tidur dan postur tubuh yang buruk. Selain itu, penggunaan game online juga berhubungan dengan kurangnya interaksi sosial mahasiswa.

Untuk mengatasi pengaruh negatif game online pada mahasiswa, manajemen waktu dan kontrol penggunaan game online sangat penting. Mahasiswa harus membatasi penggunaan game online, dan memprioritaskan tugas akademik dan aktivitas sosial.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan Dan Saran

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game online memiliki pengaruh negatif pada prestasi akademik, kesehatan fisik dan mental, serta kehidupan sosial mahasiswa di Indonesia.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen waktu dan kontrol penggunaan game online yang efektif untuk mengurangi dampak negatif game online pada mahasiswa di Indonesia. Selain itu, institusi perguruan tinggi juga dapat memberikan edukasi dan dukungan terhadap mahasiswa dalam hal manajemen waktu dan penggunaan teknologi.

Sebagai saran untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh game online pada mahasiswa di tingkat SMA atau SMP, serta pengaruh game online pada karyawan atau pekerja yang menggunakan teknologi dalam pekerjaannya.

Related video of Proposal Penelitian Pengaruh Game Online Terhadap Mahasiswa