Contoh Proposal Penelitian Tentang Pengaruh Game Online
Indonesia is a country that is very enthusiastic about playing online games. This can be seen from the increasing number of online game users every year that reaches 65 million in 2021, based on data from the Indonesian Game Association (AGI). The increasing number of online game users raises concerns about the potential negative impact on the players, especially on children and adolescents. Therefore, it is necessary to conduct research to examine the influence of online games on players, especially in Indonesia.
Pendahuluan
Penelitian ini akan membahas tentang pengaruh game online terhadap penggunanya di Indonesia. Masalah ini perlu diteliti karena semakin meningkatnya jumlah pengguna game online di Indonesia. Selain itu, banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa game online dapat mempengaruhi perilaku dan kesehatan penggunanya, terutama pada anak-anak dan remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap pengguna di Indonesia. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak game online pada pengguna di Indonesia.
Tinjauan Pustaka
Banyak studi sebelumnya yang telah mengungkapkan dampak buruk game online pada penggunanya. Salah satu dampaknya adalah kecanduan game online. Penelitian yang dilakukan oleh Association for Computing Machinery (ACM) Computer-Human Interaction pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 8,5% dari 9.000 responden yang diambil dari 36 negara mengalami kecanduan game online.
Studi lain yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2018 menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari dua jam per hari untuk bermain game online cenderung mengalami masalah kesehatan seperti obesitas, gangguan tidur, dan gangguan mental.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan sampel secara acak. Responden yang akan diambil dalam penelitian ini adalah pengguna game online di Indonesia yang berusia 10-25 tahun. Pengambilan sampel akan dilakukan secara daring melalui media sosial dan aplikasi chat.
Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data demografi responden, lama waktu bermain game online, jenis game yang dimainkan, dan dampak game online pada kesehatan fisik dan mental pengguna.
Analisis Data
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan program statistik seperti SPSS. Metode analisis yang akan digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif akan digunakan untuk menggambarkan data demografi responden, lama waktu bermain game online, jenis game yang dimainkan, dan dampak game online pada kesehatan fisik dan mental pengguna.
Analisis inferensial akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis yang akan diuji adalah bahwa terdapat pengaruh antara bermain game online dan dampak pada kesehatan fisik dan mental pengguna. Analisis inferensial yang akan digunakan adalah uji regresi linier sederhana.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game online memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental penggunanya di Indonesia, terutama pada anak-anak dan remaja. Bermain game online dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kecanduan, obesitas, gangguan tidur, dan gangguan mental.
Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi orangtua, pendidik, dan pembuat kebijakan di Indonesia untuk memperhatikan dan mengatasi dampak negatif game online pada anak-anak dan remaja. Orangtua dan pendidik harus memberikan pengawasan dan pendidikan yang tepat kepada anak-anak mengenai penggunaan game online. Sedangkan pembuat kebijakan harus mengeluarkan regulasi yang dapat melindungi anak-anak dan remaja dari dampak negatif game online.