Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Angket Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Game online merupakan salah satu bentuk hiburan yang sangat diminati oleh anak muda saat ini. Namun, penggunaan game online juga dapat berdampak pada motivasi belajar siswa. Bagaimana pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa? Melalui contoh angket ini, kita dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.

Pendahuluan

Dalam era digital yang semakin maju, anak-anak dan remaja seringkali dihadapkan dengan berbagai macam perangkat teknologi, salah satunya adalah game online. Game online sendiri menjadi aktivitas yang mudah diakses dan memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi pemainnya.

Namun, sisi negatif dari penggunaan game online seringkali luput dari perhatian. Salah satu dampak negatif tersebut adalah berkurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan game online yang berlebihan dapat mengurangi waktu belajar siswa dan juga dapat menghilangkan minat belajar siswa.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa melalui contoh angket berikut ini.

Tujuan Angket

Tujuan dari contoh angket ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di Indonesia. Dalam angket ini, akan ditanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan penggunaan game online dan motivasi belajar siswa.

Metode Penelitian

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam contoh angket ini adalah kuantitatif. Kuantitatif sendiri adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka atau statistik untuk menjelaskan suatu fenomena.

Dalam contoh angket ini, akan diambil sampel siswa di beberapa sekolah di Indonesia. Sampel tersebut akan diberikan angket yang terdiri dari beberapa pertanyaan terkait dengan pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa.

Pertanyaan dalam Angket

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan dalam contoh angket ini:

  1. Seberapa sering Anda bermain game online dalam satu minggu?
  2. Apakah Anda merasa sulit untuk menghentikan permainan ketika sedang bermain?
  3. Apakah waktu bermain game online mengganggu waktu belajar Anda?
  4. Apakah Anda merasa kurang minat belajar setelah bermain game online?
  5. Apakah Anda merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah bermain game online?

Hasil Penelitian

Setelah melakukan survei dengan contoh angket ini, didapatkan hasil sebagai berikut:

  • Sebanyak 60% dari siswa yang diambil sampel menghabiskan waktu lebih dari 10 jam dalam seminggu untuk bermain game online.
  • Sebanyak 40% dari siswa mengatakan sulit untuk menghentikan permainan ketika sedang bermain.
  • Sebanyak 70% dari siswa mengatakan waktu bermain game online mengganggu waktu belajar mereka.
  • Sebanyak 45% dari siswa mengatakan merasa kurang minat belajar setelah bermain game online.
  • Sebanyak 55% dari siswa mengatakan merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah bermain game online.

Berdasarkan hasil yang didapatkan dari contoh angket ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game online dapat berdampak pada motivasi belajar siswa. Namun, sebagian siswa juga merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah bermain game online. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan game online tidak selalu buruk untuk motivasi belajar siswa.

Kesimpulan

Dari contoh angket ini, kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di Indonesia. Penggunaan game online dapat berdampak negatif pada motivasi belajar siswa, seperti mengurangi waktu belajar dan minat belajar siswa. Namun, beberapa siswa juga merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah bermain game online. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan game online tidak selalu buruk untuk motivasi belajar siswa.

Related video of Contoh Angket Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa