Contoh Proposal Penelitian Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020, anak-anak muda Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 8 jam sehari untuk bermain game online. Fenomena ini menimbulkan beberapa pertanyaan, apakah game online berdampak pada prestasi belajar siswa? Apakah semakin lama bermain game online, semakin menurun pula prestasi belajarnya? Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Latar Belakang
Dalam proses pembelajaran, siswa dituntut untuk fokus dan konsentrasi dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Namun, kecanduan bermain game online dapat mengganggu konsentrasi dan membuat siswa menjadi kurang fokus dalam pembelajaran. Selain itu, game online juga dapat mempengaruhi pola tidur siswa, yang dapat mengganggu kinerja otak dan mempengaruhi kemampuan belajar.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan bahwa semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game online, semakin menurun pula kualitas tidur seseorang. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan kognitif siswa.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:
- Menganalisis pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa
- Menganalisis apakah semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game online, semakin menurun pula prestasi belajarnya
- Menganalisis pola tidur siswa yang kecanduan game online
- Memberikan rekomendasi untuk mengurangi kecanduan game online dan meningkatkan prestasi belajar siswa
Metodologi Penelitian
Penelitian ini akan menggunakan metode survei dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian akan dipilih dari siswa yang terdaftar di sekolah menengah di Jakarta Timur. Data akan dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana untuk menganalisis pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa. Sementara itu, analisis statistik deskriptif akan digunakan untuk menganalisis pola tidur siswa yang kecanduan game online.
Antisipasi dan Rekomendasi
Dalam pelaksanaan penelitian ini, ada beberapa faktor yang perlu diantisipasi seperti adanya kecenderungan siswa untuk tidak jujur dalam mengisi kuesioner atau terlalu sering bermain game online saat jam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan kontrol yang ketat pada saat pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar para pengajar dan orang tua siswa memperketat pengawasan terhadap kebiasaan bermain game online siswa. Selain itu, perlu dilakukan edukasi yang lebih intensif tentang dampak buruk kecanduan game online bagi kesehatan fisik, psikologis, dan prestasi belajar siswa.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa game online berdampak negatif pada prestasi belajar siswa dan pola tidur siswa yang kecanduan game online. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan kontol yang lebih ketat dari para pengajar dan orang tua siswa dalam mengurangi kecanduan game online dan meningkatkan prestasi belajar siswa.