Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penelitian Kualitatif Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, game online menjadi salah satu hiburan yang diminati oleh banyak orang, termasuk di antara siswa di Indonesia. Namun, apakah penggunaan game online berdampak pada prestasi belajar siswa? Sebuah penelitian kualitatif telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian Kualitatif

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 10 siswa SMA yang gemar bermain game online. Wawancara dilakukan dengan mengajukan serangkaian pertanyaan terbuka tentang penggunaan game online dan dampaknya pada prestasi belajar siswa.

Hasil Penelitian

Hasil Penelitian Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penggunaan game online memiliki dampak negatif pada prestasi belajar siswa. Siswa yang gemar bermain game online cenderung mengalami penurunan kualitas belajar dan kurang fokus dalam belajar.

Siswa juga seringkali menghabiskan waktu bermain game online hingga larut malam, sehingga mengganggu waktu tidur dan mengakibatkan kurangnya konsentrasi saat belajar di pagi hari. Selain itu, siswa yang gemar bermain game online juga mengalami peningkatan tingkat kecemasan dan stres, yang dapat mempengaruhi kualitas belajar mereka.

Beberapa siswa dalam penelitian ini mengakui bahwa mereka seringkali terlalu tergila-gila dalam bermain game online dan kurang memperhatikan tugas-tugas sekolah, sehingga menyebabkan penurunan prestasi belajar mereka. Namun, ada juga beberapa siswa yang mengaku masih dapat mengelola waktu dengan baik antara bermain game online dan belajar, sehingga prestasi belajar mereka tidak terpengaruh.

Kesimpulan

Kesimpulan Penelitian Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game online memiliki dampak negatif pada prestasi belajar siswa di Indonesia. Siswa yang gemar bermain game online cenderung mengalami penurunan kualitas belajar, kurang fokus dalam belajar, serta mengalami peningkatan tingkat kecemasan dan stres.

Sebagai orang tua atau guru, perlu memberikan pengawasan dan pembatasan waktu yang tepat terhadap penggunaan game online oleh siswa. Selain itu, siswa juga perlu memahami pentingnya menjaga keseimbangan antara bermain game online dan belajar agar prestasi belajar mereka tidak terganggu.

Related video of Penelitian Kualitatif Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Indonesia